Assessment Band III Manager
Bagaimanakah kemunculan perilaku DIGITAL LEADERSHIP yang ditampilkan oleh Ratee
di dalam situasi kerja:
a Mengevaluasi
informasi atau peristiwa pada saat ini maupun masa lalu untuk memahami proses
transformasi digital.
b Memanfaatkan
data terkini untuk mengembangkan rencana pemanfaatan teknologi digital jangka
pendek.
c Memanfaatkan
sudut pandang yang beragam dari pemangku kepentingan (baik dari lintas tim
maupun fungsi) dalam menghadapi isu atau peluang dalam transformasi digital.
2. Bagaimanakah kemunculan perilaku GLOBAL BUSINESS SAVVY yang ditampilkan oleh
Ratee di dalam situasi kerja:
a Mengomunikasikan
kegiatan dan sasaran bisnis untuk meningkatkan pemahaman jajarannya mengenai
tujuan bisnis dan sasaran strategis.
b Memanfaatkan
lingkungan bisnis global/digital untuk meningkatkan produktivitas kerja.
c Mengusulkan
perbaikan dalam proses dan praktik bisnis untuk meningkatkan kapabilitas
operasional.
3. Bagaimanakah kemunculan perilaku CUSTOMER FOCUS yang ditampilkan oleh Ratee
di dalam situasi kerja:
a Melakukan
perbaikan layanan yang berkelanjutan untuk mengantisipasi pain points
pelanggan.
b Mengintegrasikan
berbagai informasi yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi harapan pelanggan.
c Mencari
peluang berdasarkan sudut pandang pelanggan, baik dengan target pelanggan yang
dituju maupun segmen pelanggan sekitarnya.
4. Bagaimanakah kemunculan perilaku BUILDING PARTNERSHIP yang ditampilkan oleh
Ratee di dalam situasi kerja:
a Proaktif
mencari dan membangun hubungan dengan para pemangku kepentingan yang relevan
untuk mendukung kolaborasi.
b Mendorong
tim untuk memperkuat kolaborasi dan meningkatkan partisipasi di dalam kelompok.
c Mempertimbangkan
pandangan atau masukan dari pihak lain dalam merumuskan kesepakatan/kesimpulan.
5. Bagaimanakah kemunculan perilaku
STRATEGIC ORIENTATION yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Mengusulkan
tindakan perbaikan yang diperlukan untuk mencapai tujuan strategis di unit
kerja.
b Mempertimbangkan
kapabilitas internal dan mengenali sumber daya potensial dalam mencapai tujuan
strategis unit kerja.
c Mengevaluasi
risiko/konsekuensi dari keputusannya dan mengambil tindakan yang sejalan dengan
rencana tindakan secara keseluruhan.
6. Bagaimanakah kemunculan perilaku
DRIVING EXECUTION yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Mencari
peluang-peluang untuk peningkatan efektivitas bisnis melalui sumber daya-sumber
daya yang tersedia.
b Mengeksplorasi
ide-ide untuk menyelesaikan masalah, tidak terbatas pada standar, kebijakan,
dan praktik yang biasa dilakukan.
c Melakukan
pengelolaan pekerjaan serta menyiapkan langkah-langkah korektif jika
diperlukan.
7. Bagaimanakah kemunculan perilaku
DRIVING INNOVATION yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Mengusulkan
dan berupaya mengimplementasikan pengembangan ide-ide baru/inovasi di lingkup
pekerjaan operasional.
b Mengevaluasi
cara-cara kerja baru dan mendukung perubahan cara kerja di lingkup unit kerja.
c Mengenali
pergerakan bisnis dan inovasi yang terjadi di lingkungan internal dan eksternal
perusahaan.
8. Bagaimanakah kemunculan perilaku
DEVELOPING ORGANIZATIONAL CAPABILITIES yang ditampilkan oleh Ratee di dalam
situasi kerja:
a Menerapkan
pengetahuan dan pengalaman yang relevan ke dalam situasi kerja baru.
b Menyesuaikan
proses pembelajaran atau penerapan cara kerja baru berdasarkan tren terkini di
bidang pekerjaannya.
c Mampu
mengoptimalkan hal-hal yang telah dipelajari untuk mendukung peningkatan
kemampuan atau kinerja anggota tim/unit.
9. Bagaimanakah kemunculan perilaku
LEADING CHANGE yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Mengadopsi
sudut pandang baru guna membuat perubahan.
b Mendorong
anggota tim untuk dapat secara optimal berkontribusi pada keberhasilan individu
atau kelompok.
c Mengomunikasikan
kepada tim mengenai pentingnya perubahan bagi kesuksesan organisasi.
10. Bagaimanakah kemunculan perilaku
MANAGING DIVERSITY yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Memandu
tim dalam unit kerjanya untuk bekerja secara kolaboratif dengan berbagai
individu, kelompok, atau masyarakat.
b Melakukan
penyesuaian dengan situasi atau budaya yang berlaku di lingkungan sekitar.
c Menjaga
relasi dengan beragam pihak yang berbeda latar belakang suku, agama, ras, dan
antar golongan (SARA) untuk memperkaya keberagaman.
Assessment Band II Senior Manager
Bagaimanakah kemunculan perilaku
DIGITAL LEADERSHIP yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Mengenali
pola informasi yang digunakan untuk memahami dan membuat keputusan terkait
transformasi digital secara tepat.
b Membuat
rekomendasi terkait transformasi digital dengan mengintegrasikan data penting
dari proses kolaborasi.
c Menyampaikan
informasi kepada pemangku kepentingan dan memanfaatkan masukan hasil diskusi
untuk mendapatkan keputusan yang lebih baik terkait transformasi digital.
2. Bagaimanakah kemunculan perilaku
GLOBAL BUSINESS SAVVY yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Mengomunikasikan
pentingnya lingkungan digital/global dan cara pemanfaatannya sehingga
memberikan dampak positif pada produktivitas
b Mengembangkan
rekomendasi untuk menjawab tuntutan perubahan bisnis saat ini atau masa depan.
c Memimpin
implementasi langkah-langkah perbaikan dalam proses atau praktik bisnis di
lingkup fungsi/divisi.
3. Bagaimanakah kemunculan perilaku
CUSTOMER FOCUS yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Memberikan
arahan/panduan bagi jajarannya untuk mengantisipasi pain points pelanggan.
b Mengambil
tindakan untuk merespon perubahan kebutuhan pelanggan untuk mendukung
pertumbuhan bisnis.
c Mengkaji
dan memberikan arahan untuk memanfaatkan customer insight guna mengembangkan
peluang layanan.
4. Bagaimanakah kemunculan perilaku
BUILDING PARTNERSHIP yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Mengembangkan
relasi dengan lintas unit dan pemangku kepentingan untuk mendorong kolaborasi.
b Menetapkan
cara-cara untuk menumbuhkan lingkungan kerja yang harmonis dan kolaboratif.
c Mengomunikasikan
pendapat untuk pengambilan keputusan yang efektif.
5. Bagaimanakah kemunculan perilaku
STRATEGIC ORIENTATION yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Mengidentifikasi
kapabilitas internal dan eksternal, atau peluang-peluang yang muncul dari dalam
organisasi/ luar organisasi dalam merumuskan tujuan strategis divisi/fungsi.
b Menjabarkan
langkah-langkah untuk mencapai tujuan strategis divisi/fungsi.
c Memitigasi
risiko dan konsekuensi dari sasaran di divisi/fungsinya.
6. Bagaimanakah kemunculan perilaku
DRIVING EXECUTION yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Bertangggung
jawab atas keputusan yang dibuat tim/unit di bawah arahannya dan mencari
alternatif solusi yang diperlukan.
b Mengidentifikasi
risiko dari pilihan tindakan yang tersedia dengan mempertimbangkan sumber daya,
kebijakan atau prosedur yang berlaku.
c Mengevaluasi
implementasi rencana kegiatan dan target kerja dengan mempertimbangkan sumber
daya yang dibutuhkan.
7. Bagaimanakah kemunculan perilaku
DRIVING INNOVATION yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Mendorong
lingkup divisi/fungsinya untuk menghasilkan ide dan inovasi baru, serta
memberikan rekomendasi dan sumber daya untuk merealisasikannya.
b Memimpin
implementasi cara kerja baru dalam lingkup divisi/fungsi untuk pertumbuhan
berkelanjutan.
c Mengenali
area perbaikan atau yang perlu ditingkatkan di lingkup divisi/fungsi, dan
mengembangkan tindakan dengan memanfaatkan pendekatan yang terbaik.
8. Bagaimanakah kemunculan perilaku
DEVELOPING ORGANIZATIONAL CAPABILITIES yang ditampilkan oleh Ratee di dalam
situasi kerja:
a Menerapkan
keterampilan dan pengetahuan dari pengalaman sebelumnya secara efisien, untuk
melakukan penyesuaian terhadap situasi pekerjaan baru dan tidak biasa.
b Menginisiasi
dan mendorong pengembangan keterampilan dan pengetahuan untuk mengantisipasi
tuntutan perubahan pada bidang kerjanya.
c Melibatkan
diri dan mengarahkan keterlibatan orang lain/anggota tim nya, dalam proses
pengembangan kapabilitas yang mendukung peningkatan kinerja.
9. Bagaimanakah kemunculan perilaku
LEADING CHANGE yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Memengaruhi
atau membimbing pihak lain untuk menerima sudut pandang yang berbeda dalam
membuat keputusan.
b Membangun
lingkungan yang kondusif dengan bersikap terbuka, transparan, bersedia menerima
masukan dan pertimbangan lain dalam menangani persoalan di divisi/fungsinya.
c Mendorong
pemahaman tentang perubahan dan secara efektif mengelola resistensi atau reaksi
negatif terhadap perubahan dalam divisi/fungsinya.
10. Bagaimanakah kemunculan perilaku
MANAGING DIVERSITY yang ditampilkan oleh Ratee di dalam situasi kerja:
a Memimpin
tim di dalam divisi/fungsinya, untuk memiliki pemikiran terbuka dalam bekerja
dengan berbagai individu, kelompok, atau masyarakat yang berbeda.
b Mengidentifikasi
hal-hal yang berpotensi memicu konflik yang disebabkan oleh keberagaman.
c Membangun
hubungan dengan pihak-pihak yang memiliki berbagai latar belakang untuk
memperluas relasi bisnis.
No comments:
Post a Comment