Kamis, 13 Mei 2010

Langkah langkah membuka Warung Soto Ayam CAMI

Alhamdulilah, segala puji hanya bagiMu ya Alloh.
Hari ini adalah hari ke empat dibukanya warung Soto Ayam Cami.
Sejak pembukaan, warung Soto Ayam Cami ada saja pembelinya. Alloh yang menggerakkan mereka untuk mampir ke warung kami.

Berikut pengalaman pribadi kami dalam membuka warung.
Langkah-langkah berbisnis warung soto

Doa.
Ajukan propoasl ke Alloh dan minta do'a restu orang tua.
Make Dreams, kata The SECRET

Tidak ada Kegagalan yang ada hanya Umpan Balik. kata Ilmu NLP :)
Awalnya saya bersama istri pernah jualan busana muslim, sepatu, tas, dompet. Semuanya berjalan lambat, karena masih menjualnya dengan kredit, terjebak lingkaran retail konvensional. :) . Yang penting ilmu ritail dan jalur distributor busana dan tas dapet.
Kalau rekan, agan butuh grosiran busana muslim yg High Quality maupun Low Quality ada. Demikian juga tas wanita " tembakan ".Kami juga pernah jualan jilbab, sampai sempat memiliki kios dan karyawan, dan alhamdulillah banyak ilmu yang kami peroleh. Pernah juga sampai ke Pasar TASIK di tanah abang . Good experience.
Namun karena waktu untuk mendidik dan berkumpul anak-anak banyak tersita, maka kami tutup kios kami, maklum kiosnya jauh dari rumah kami.
Alhamdulillah, suatu hari kami bisa menawar untuk membeli sebuah rumah dipinggir jalan, makai ilmunya Joe Hartanto, Property Cash Machine, modal dikit dapet gede.
Digabung sama ilmunya pak Cipto Junaedy ( Beli rumah tanpa uang tanpa KPR).
Rencananya property ini mau diputerin ( sewa , kontrak dan iklan), eh istri pingin makai sendiri. Ya sudah saya nurut saja.

Lokasi dan Demand
Lokasi warung ada di Jalan Raya Bojongsoang no 307. +500 m dari gerbang STT kearah buah batu.
Dari sinilah ide menghidupkan kios jilbab kembali muncul, namun dengan segala pertimbangan kayaknya nggak cocok. Saya berpendapat bisnis makanan kayaknya cocok nih, bakso atau mie ayam, karena masyaratak indonesia doyan bakso. Selain itu lokasinya di jalan masuk SMA 1 Dayeuhkolot, dekat kampus STTT , sekarang namanya jadi ITT + Politehnik Telkom dan STMB. Selain itu banyak perumahan disitu.
Nah tinggal pendapat istri bagaiaman ? Sebab Sang istrilah yang akan jadi Manager Operational di warung ini, saya di managementnya saja. :)

Pilih Jenis Usahanya
Istri saya memang hobi makan bakso tapi nggak bisa bikin baksonya.
Selain itu istri saya sangat mahir bikin masakan sejenis opor, soto, nasi kuning. Top markotop lah. Dan istri saya mau buka warung kalau untuk dagangan soto. Oke saya ikut saja.Deal. Warung Soto.

Mereka yang memberi, pasti menerima.
Ekperiment bumbu dimulai, untuk hasil yang terbaik
Sang istri membuat soto dan diberikan ke berbagai kalangan, Subhanalloh, habis nggak tersisa kuahnya. Tanda baik nih, diterima pasaran.
Pas acara ulang tahun Hasan, menunya juga soto, dan umpan balik dari ibu-ibunya yang ngantar, cukup menggembirakan.

Nama Warung
CAMI nama yang masih asing di pendengaran dan unik. Nama CAMI diberikan oleh istri saya yang diambil dari gabungan dua nama anak saya, haSAn dan rahMI. Seharusnya SAMI kalau memang gabungan ke dua nama, namun HASAN kadang dipanggil si ACAN, karena si Hasan anaknya emang agak cipit kayak etnis tionghoa :D.

Asesoris Warung
Awalnya meja bangku ingin dibuat sendiri, namun karena ada sahabat yang butuh apresiasi untuk menyalurkan bakatnya , pekerjaan ini saya berikan ke sahabat saya. Selain membantu perekonomian keluarganya , saya juga mencoba untuk belajar management " I Trust You "
Kami menggunakan bahan kayu bekas. Harganya murah namun hasilnya funtastis. Kalau ada yang mau, bisa pesan kesaya.

Untuk perlengkapan warung, bisa dibeli di jl Kalipah Apo, dekat cibadak. Gudangnya peralatan dapur harga murah. Selain itu bisa dibeli di Mutiara Kitchen, jl Sukarno hatta, dekat Komplek Batu nunggal. Dari komplek batu nunggal belok kiri. Disini gudangnya peralatan dapur harga miring, kadang lebih murah Rp. 1000 dari kalipah apo. :D

Ada item yang sangat berkesan bagi saya, yaitu dandang soto. Dandang ini terbuat dari stainles steel dan di dasarnya ada lempengan besi yang lumayan tebal. Ternyata dengan desain demikian, panas akan lama tersimpan di dandang, dan sotonya anget terus. Hemat gas dan menjaga kwalitas sotonya. Recomanded item.

Grand Opening
Hari selasa, 11 Mei 2010, warung soto CAMI dibuka. Para tetangga, saudara kami panggil, kami berikan paket diskon.Bayar Rp. 4900 dapat
  • Soto ayam CAMI spesial
  • Nasi
  • Teh Botol
Murah pisan euy.
Hari pertama dapet Rp. 80.000 an. Starting awal yang bagus. Alhamdulilah


Iklan
Warung kalau nggak ada identitas kayak kurang afdol. Makanya saya desain papan nama warung. Ukuran 1 x 3 m. Biayanya 25.000 per meter. Bisa pesan di dekat kantor Sindang reret Jl surapati Bandung. Atau di BEC, lantai food court.

Spanduk nama saya pasang pas diatas warung. Dengan harapan terlihat dan kebaca.
Analisa letak spanduk dilakukan malam dan siang hari. Hasilnya, orang cuman melihat sekilas tapi tidak kebaca, karena posisinya susah untuk membacanya.
Akhirnya posisi saya dipindah, ee... pas lagi masang spanduk, ada mobil yang mampir. Alhamdulillah. Posisi spanduk sangat mempengaruhi.

Kemarin udah bikin copy brosur iklan selebaran, ada anak yang udah nyebarin, targetnya mahasiswa dulu. Dan masih ada 200 copy lagi, dengan target perumahan.
Next media promo, internet dan Jaringan sosial.


Kalau saya analisa, ada beberapa pekerjaan finishing :
  • Butuh satu lagi spanduk ukuran 1 x 1,5 m double side, untuk dipasang depan warung menghadap kiri kanan, jadi pemakai jalan bisa melihat dan membaca. Desain dulu ah ...
  • Management keuangan
Eh, belum apa-apa udah ada yang minta resepnya, Alhamdulillah. Saya tawarin saja kerjasama,
ide Waralaba Soto CAMI nih... hehehe . Faktor Kali. Next project.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses buat rekan semua.
Alloh suka tangan diatas.

1 komentar:

  1. Mlam gan, ane jg buka warung soto ayam dirumah ane,dipasaman barat. Bagi2 pngalaman dong gan biar usaha kita maju.. mksih gan

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...