Sunday, June 12, 2011

Cara sukses Marketing pakai Ilmu Psikologi

Marketing itu mirip dengan bela diri. Dalam ilmu beladiri, punya konsep dasar yang penting lawannya 'gledak' (KO) . Apapun tehniknya yang penting harus lebih cepat, lebih bertenaga dan 'nglethak'. Kalau tehniknya bagus tapi musuhnya nggak ngletak-nglethak berarti tehniknya itu belum bagus.
Apa kuncinya agar bisa membuat 'ngledak' ? Kuncinya bela diri adalah speed dan power. Ilmu marketing juga banyak alirannya, namun berikut ini adalah beberapa ilmu yang bisa to the point ke market agar konsumennya bisa membuat 'ngledak' ( tepat sasaran ).

Apa sih definisi marketing ?
Marketing yang bisa membuat 'ngledak' pasar adalah : sebuah penawaran yang menarik ( mudah , cepat dan nikmat) dan dipercaya, sampai-sampai orang yang tidak membelinya kesannya Goblok.

Misalkan contoh iklan promo ' Bakso + Teh Botol Rp.7000 ' pembeli berpikir wah murah banget, teh botol saja sekarang harganya udah 3000. Berarti baksonya 4.000. Untung nih kita beli disini.
Padahal teh botolnya kalau beli grosiran bisa 1.700.

Contoh lainnya 'Beli emas dua gram hadiah payung seharga 40.000'. Pembeli berpikir rugi kalau nggak beli emas disini, dapet payung 40.000 sama emasnya bisa dijual lagi. Padahal payung kalau grosiran harnya dibawah 10.000. Dan kalau emasnya dijual lagi juga kena potongan 10.000 per gramnya.

Marketing
harus make ilmu psikologi. Mau tau gimana psikologinya ? Jama' aaah oh jama'ah. Alhamdulilah
Berikut ini psikologi market yang unik namun real terjadi dimasyarakat.
  1. Mahal = Bagus. Biar terkesan mahal, naikkan harganya terus kasih discount. Pembeli merasa senang mendapet 'barang mahal' dan 'diskon' an. Konsumen lebih senang membeli Kaos Rp 90.000 dengan disc 50 %, daripada membeli kaos seharga Rp. 45.000 tanpa diskon. Baik diterapkan untuk toko busana, toko perhiasan, souvenir , cindera mata. Apalagi tokonya di mall, di bandara. Jangan ragu kasih harga mahal + diskon. Pembuatan diskonnya juga ada caranya : Caranya dengan mengikutkan event- event tertentu ' Dalam rangka........ ' , ' Memperingati ..... kami berikan diskon ...' : Contoh ' lebaran dah dekat , baju baru, disko gede'. ' Dalam rangka ulangtahun toko ke 100 kami berikan diskon 100 % *skb ' heheheh atau ' Dalam rangka ulang tahun kucing ...'
  2. Timbal Balik. Berikan lebih dahulu maka anda akan diberi. Misalkan anda mempunyai bengkel mobil, Gartiskan ongkos Ganti Olie, maka konsumen akan membeli olienya ditoko anda. Cek angin ban, bila kurang tambah anginnya sebagai free service . Hal sepele namun memberi kesan lebih bagi konsumen. ' Angkringan Cak Manto, free Wifi '. Ada sebuah bengkel kaki-kaki yang sukses di jogja 'bengkel kaki-kaki Mas Pa'i, garansi 3 bulan (jogja) ' ramai, karena memberikan excellent service yang mampu digaransikan. Apalagi dalam dunia IT, ada slogan " Gratiskan Daganganmu "Google, Yahoo bersaing untuk menggratiskan search engine, email account, map. Alibaba, Ebay portal retail dan wholesale gratis. Google, Yahoo, Alibaba, Ebay dan portal gratis lainnya dapet makan dari Iklan dan Fee, yang nilainya Milyaran
  3. Ikut-ikutan, yang penting rame dulu. Pernah anda ikut-ikut sekedar ingin tahu ketika ada orang berkerumun menonton sesuatu ? Ikut-ikutan lihat barang di Mall yang dikerumunin orang ? Ikut-ikutan memperlambat jalan ngelihat kerumunan orang lagi nonton mobil kecemplung selokan ? Itulah sifat manusia, ingin tahu saja. Jadi kalau Anda mau launcing harus rame. Agar rame harus saat pembukaan harus Aneh, ada Penawaran, Menarik dan Dipercaya. Anda bisa menggunakan strategi Mie + Teh Botol Rp. 7000, Beli emas dapet Payung seharga 40.000. Cuci Ulang Mobil Gratis, kalau besok hujan. Cuci mobil gratis. Biarkan antrian mobil yang mo gratis nyuci parkir diluar atau badan jalan yg akan jadi biang kemacetan. Maaf pak Polisi, ngajarin macet. Jadinya pengendara yang lain akan bertanya " Ada apa sih kok tumben macet? ... Ooo ada Gratisan Nyuci Mobil/Motor ya, ikutan ah". Gratis 1 Porsi Buat teman ke 4 mu. Beli 3 gratis 1. Keuntungan 3 Porsi makanan > dari harga 1 Porsi.
    Nah, kalau rame orang datang, maka orang-orang yang tadinya cuman sekedar lewat jadi penasaran lihat kerumuman ditempat yang baru.
  4. Perbandingan. Orang senag yang kecil dahulu. Marketing, yang penting datang dulu ( yang terkecil). Saya mau tanya tolong dijawab dari hati kecil yang paling dalam. Pedagang Narkoba, coba dulu sedikiiit saja. Kalau sudah suka , akan kecanduan, kalau sudah kecanduan, harga berapapun dibeli.
  5. Perbandingan & Keterbatasan. Relativitas mahal dulu baru yang Murah. Yang Sulit dulu baru yang gampang. Dalam menawarkan produk, Tawarkan Yang Susah dahulu Baru yang Gampang. Pengaturan Display toko atau autlet , display yang bagus dan mahal, barang yang dibelakang murah. Bisa juga ilmu perbandingan ini untuk menyuruh anak dengan memberi pilihan " Mau tidur jam setengah sembilan atau jam sembilan ?" bisa dipastikan milih jam sembilan. Nah kalau sudah jam sembilan, nggak usah diperintah hanya mengingatkan pilihannya sianak akan berangkat tidur sendiri. Dalam hal keterbatasan orang akan bersaing dengan keterbatasan. Rela antri untuk beli Tiket Bola Piala. Indonesia ... Indonesia ... Indonesia. Tehnik lelang. Iklan " Dijual mobil Avansa 2010, harga awal 90 jt, tapi 75 jt saya jual " . Saya hanya bisa ditemui jam 17:30 s/d 18.00 di rumah, jl Angkasa 456. Maka akan banyak orang yang datang. Karena banyak yang datang saya tidak enak untuk memilih salah satu diantara yang datang. Maka sebagai jalan tengahnya yang berani memberi penarawan yang tertinggi dia pembelinya. hehehe

10 comments:

  1. thanks atas info artikelnya, ini menambah wawasan saya dalam marketing di bisnis saya ... apabila ada yang ingin tahu silahkan ke blog saya di WWW.tradingismydreams.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU ENDANG WULANDARI .saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 9 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jta 5000.ribu /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata fositip tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

      Delete
  2. bos saya baru kerja di bagian marketing pingin sering tentang ilmu marketing

    ReplyDelete
  3. Wah menginspirasi nih.. semoga bisa kami terapkan di bisnis @criukzSnack

    Setelah belajar dr artikel ini, mungkin ada tmn2 yg pengen action dan mulai dari yang kecil boleh coba klik www.criukz.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. sangat cocok dengan penjualan saya, inspirasi yang sangat membantu.terima kasih banyak.
    WWW.PROMOUMROHMURAH.WEEBLY.
    WWW.HARGAPAKETUMROHMURAH.NET

    ReplyDelete
  5. Sangat bgs ilmunya & manfaat, tks

    ReplyDelete
  6. sangat inspiratif bro. Terima kasih banyak. Semoga sukses selalu.

    ReplyDelete
  7. Anda orang baik yg senantiasa bagi ilmu untuk kesuksesan orang lain, trims

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...