Saturday, May 27, 2023

Hal-hal lebih lanjut tentang pertanyaan SMART

Perusahaan di berbagai industri saat ini berhadapan dengan perubahan yang cepat dan penuh ketidakpastian. Bahkan perusahaan yang mapan sekalipun berada di bawah tekanan untuk selalu mengikuti dan mencari tahu hal baru apa yang akan terjadi selanjutnya. Untuk melakukan itu, mereka perlu mengajukan berbagai pertanyaan. Mengajukan pertanyaan yang tepat dapat memicu ide-ide inovatif yang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan saat ini.


Hal yang sama berlaku untuk analitik data. Tidak peduli berapa banyak informasi yang Anda miliki atau seberapa canggih alat Anda, data Anda tidak akan banyak menghasilkan jika Anda tidak memulai dengan pertanyaan yang tepat. Anggap saja seperti seorang detektif yang memiliki banyak bukti tetapi tidak pernah bertanya kepada tersangka utama kasus itu.  Berikutnya, Anda akan lebih banyak belajar tentang cara mengajukan pertanyaan yang efektif, dan praktik-praktik yang sebaiknya Anda hindari.

Pertanyaan yang sangat efektif adalah pertanyaan SMART:


Contoh pertanyaan SMART

Berikut adalah contoh yang menguraikan proses berpikir untuk mengubah pertanyaan tentang masalah menjadi satu atau lebih pertanyaan SMART dengan menggunakan metode SMART:Fitur apa yang dicari orang saat membeli mobil baru?

Spesifik: Apakah pertanyaan itu fokus pada fitur mobil tertentu?

Terukur: Apakah pertanyaan itu mencakup sistem penilaian fitur?

Berorientasi pada tindakan: Apakah pertanyaan itu memengaruhi pembuatan paket fitur yang berbeda atau baru?

Relevan: Apakah pertanyaan itu mengidentifikasi fitur mana yang dapat mendorong atau mengurungkan pembelian mobil?

Dibatasi waktu: Apakah pertanyaan itu memvalidasi data tentang berbagai fitur paling populer dalam tiga tahun terakhir?


Pertanyaannya harus bersifat terbuka. Pertanyaan terbuka adalah cara terbaik untuk mendapatkan jawaban yang akan membantu Anda memilih atau membatalkan solusi potensial untuk masalah Anda. Jadi, berdasarkan proses berpikir, kemungkinan pertanyaan SMART yang bisa diajukan adalah:

Pada skala 1-10 (dengan 10 menjadi yang paling penting) seberapa penting mobil Anda memiliki penggerak empat roda?

Apa lima fitur teratas yang ingin Anda temui dalam sebuah mobil?

Fitur apa, jika digabungkan dengan penggerak empat roda, akan membuat Anda cenderung membeli mobil itu?

Berapa tambahan harga yang akan Anda bayar untuk mobil dengan penggerak empat roda?

Apakah penggerak empat roda menjadi kurang atau lebih populer dalam tiga tahun terakhir?

Hal-hal yang harus dihindari saat mengajukan pertanyaan

Pertanyaan yang mengarahkan: pertanyaan yang hanya memiliki jawaban tertentu

Contoh: Produk ini terlalu mahal, bukan?

Ini adalah pertanyaan yang mengarahkan karena menunjukkan jawaban sebagai bagian dari pertanyaan. Pertanyaan yang lebih baik mungkin adalah, "Apa pendapat Anda tentang produk ini?" Ada banyak jawaban untuk pertanyaan itu, dan hal ini dapat menyertakan informasi tentang kebergunaan, fitur, aksesori, warna, keandalan, dan popularitas, selain harga. Sekarang, jika masalah Anda benar-benar terfokus pada harga, Anda bisa mengajukan pertanyaan seperti "Berapa harga (atau kisaran harga) yang akan membuat Anda mempertimbangkan untuk membeli produk ini?" Pertanyaan ini akan memberikan banyak tanggapan terukur yang berbeda.

Pertanyaan tertutup: pertanyaan yang hanya meminta jawaban satu kata atau singkat

Contoh: Apakah Anda puas dengan uji coba pelanggan?

Ini adalah pertanyaan tertutup karena tidak mendorong orang untuk memperluas jawaban mereka. Sangat mudah bagi mereka untuk memberikan jawaban satu kata yang tidak terlalu informatif. Pertanyaan yang lebih baik mungkin adalah, "Apa yang Anda pelajari tentang pengalaman pelanggan dari uji coba ini" Ini mendorong orang untuk memberikan lebih banyak detail selain "Ini berjalan dengan baik."

Pertanyaan yang tidak jelas: pertanyaan yang tidak spesifik atau tidak memberikan konteks

Contoh: Apakah alat ini sesuai untuk Anda?

Pertanyaan ini terlalu kabur karena tidak ada konteksnya. Apakah ini tentang membandingkan alat baru dengan alat lama yang diganti? Anda tidak tahu. Pertanyaan yang lebih baik mungkin adalah, "Terkait dengan entri data, apakah alat yang baru lebih cepat, lebih lambat, atau hampir sama dengan alat lama? Jika lebih cepat, berapa banyak waktu yang dihemat? Jika lebih lambat, berapa banyak waktu yang hilang?” Pertanyaan-pertanyaan ini memberikan konteks (entri data) dan membantu membingkai jawaban yang dapat diukur (waktu).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...