Thursday, May 25, 2023

Enam jenis permasalahan

 Enam jenis permasalahan

Analitik data bukan sekadar memasukkan informasi ke dalam platform untuk menemukan hasil berupa wawasan. Analitik data adalah tentang bagaimana memecahkan masalah. Untuk sampai ke akar permasalahan tersebut dan menemukan solusi praktis, ada banyak kesempatan untuk berpikir kreatif. Tidak peduli apa masalahnya, langkah pertama dan paling penting adalah memahaminya. Selanjutnya, Anda sebaiknya mengambil pendekatan pemecahan masalah dalam analisis Anda untuk membantu Anda memutuskan informasi apa yang perlu dimasukkan, bagaimana transformasi data dilakukan, dan bagaimana data akan digunakan.


Analis data biasanya berhadapan dengan enam jenis permasalahan.

This illustration shows a numbered list with six icons. Each icon represents one of the six problem types.

1. Making predictions

2. Categorizing things

3. Spotting something unusual

4. Identifying themes

5. Discovering connections

6. Finding patterns




Sebuah video, Jenis permasalahan umum, memperkenalkan enam jenis permasalahan yang masing-masingnya disertai dengan sebuah contoh. Berikut ini adalah rangkuman contoh-contoh tersebut untuk ditinjau.


Membuat prediksi

Perusahaan yang ingin mengetahui metode periklanan terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru adalah contoh masalah yang membutuhkan seorang analis untuk membuat prediksi. Para analis dengan data mengenai lokasi, jenis media, dan jumlah pelanggan baru yang diperoleh dari iklan sebelumnya tidak dapat menjamin hasil di masa depan, tetapi mereka dapat membantu memprediksi penempatan iklan terbaik untuk menjangkau target audiens yang tepat.


Mengategorikan berbagai hal

Contoh masalah yang mengharuskan analis untuk mengategorikan berbagai hal adalah tujuan perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Analis mungkin mengklasifikasikan panggilan layanan pelanggan berdasarkan kata kunci atau skor tertentu. Kategori ini dapat membantu mengidentifikasi karyawan layanan pelanggan berkinerja terbaik atau membantu menghubungkan tindakan tertentu yang diambil dengan skor kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.


Menemukan sesuatu yang tidak biasa

Sebuah perusahaan yang menjual jam pintar untuk membantu penggunanya memantau kesehatan mereka akan tertarik untuk merancang perangkat lunak yang dapat menemukan sesuatu yang tidak biasa. Analis yang telah menganalisis kumpulan data kesehatan dapat membantu pengembang produk menentukan algoritme yang tepat untuk menemukan dan menyalakan alarm ketika ada data yang memiliki tren tidak normal.


Mengidentifikasi tema

Desainer pengalaman pengguna (UX) mungkin mengandalkan seorang analis untuk menganalisis data interaksi pengguna. Sebagaimana masalah yang mengharuskan seorang analis untuk mengategorikan berbagai hal, proyek peningkatan kebergunaan mungkin mengharuskan seorang analis untuk mengidentifikasi tema guna memprioritaskan dengan tepat fitur produk apa yang perlu diperbaiki. Tema paling sering digunakan untuk membantu peneliti mengeksplorasi aspek-aspek tertentu dari data. Dalam sebuah studi pengguna, kepercayaan, praktik, dan kebutuhan pengguna adalah contoh tema.


Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada perbedaan antara mengategorikan berbagai hal dengan mengidentifikasi tema. Cara terbaik untuk membedakannya adalah: mengategorikan berbagai hal berarti memasukkan item-item ke berbagai kategori; Sedangkan mengidentifikasi tema berarti membawa kategori tersebut selangkah lebih maju dengan mengelompokkannya ke dalam tema-tema yang lebih luas.


Menemukan hubungan

Perusahaan logistik pihak ketiga yang bekerja dengan perusahaan lain untuk mengirimkan pesanan ke pelanggan secara tepat waktu adalah masalah yang mengharuskan seorang analis untuk menemukan hubungan. Dengan menganalisis waktu tunggu di pusat pengiriman, seorang analis dapat menentukan perubahan jadwal yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengiriman tepat waktu.


Menemukan pola

Meminimalkan waktu henti yang disebabkan oleh kegagalan mesin adalah contoh masalah yang mengharuskan seorang analis untuk menemukan pola dalam data. Misalnya, dengan menganalisis data pemeliharaan mesin, mereka bisa menemukan bahwa sebagian besar kerusakan terjadi jika pemeliharaan mesin rutin tertunda lebih dari 15 hari.


Hal penting yang bisa dipelajari

Seiring dengan kemajuan Anda dalam program ini, Anda akan mengasah pengamatan Anda mengenai berbagai masalah serta berlatih berpikir komprehensif tentang jenis permasalahan ketika Anda memulai analisis Anda. Metode pemecahan masalah ini akan membantu Anda mencari solusi yang memenuhi kebutuhan semua pemangku kepentingan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...