Minggu, 27 November 2011

Cara - Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan

Persaingan bisnis kuliner sangat ketat di R.E Martadinata, Bandung. Beberapa coffee dan resto tampak ramai. Petugas parkir sibuk mengatur lahan-lahan parkirnya yang penuh. Desain ruangan dan aroma tiap tempat kuliner ini seakan-akan membangkitkan niat untuk mencicipi makanan ditempat ini. Sate Madura pun nggak mau kalah, walau cuman warung tenda namun tampak dipenuhi pembeli. Asap dari pembakaran sate yang tebal dengan aromanya yang menggoda dan pemanggang satenya yang super panjang, seolah-oleh inigin mengatakan " Sateku uenaak tenan ".

Masing-masing usaha memiliki pelanggan setia dikarenakan pelanggan itu Puas. Nah, timbul pertanyaan, bagaimana caranya mengukur kepuasan pelanggan ?
Kalau anda berharap agar pelanggan senang dengan service bisnis milik anda, maka anda wajib memperhatikan 10 indikator kepuasan pelanggan yang perlu anda ukur. Berikut 10 indikator tersebut :
  1. Reliability 
  2. Responsive
  3. Assurance, Security
  4. Credibility
  5. Competence
  6. Courtesy
  7. Empathy, Understanding User
  8. Communication
  9. Access
  10. Tangible 
Indikator 1 Kepuasan Pelanggan, Reliability. Bagaimana memberikan performance/kehandalan, keakuratan data dan kebenaran data kepada pelanggan .
  • Seberapa  penting dan puaskah anda terhadap kehandalan layanan, kualitas sinyal handphone ( iklan AT&T : More Bar in More Place ), rasa  makanan dan minuman ( iklan Kecap : 'Nikmatnya sampai tetes terakhir' ), harga toko kami (iklan Carefour : Cek harga, Dijamin Paling Murah ), kualitas browsing ( iklan SmartFren : 'Hate Late, anti lelet' ) ?
  • Seberapa  penting dan puaskah anda terhadap keakuratan data, keakuratan  bill  makanan  dan tarif hotel, akurasi room available and discount ratebarcode harga toko, keakuratan daftar menu makanan vs ketersediaannya, akurasi route dan jumlah seat penerbangan, updating webside kami ?
  • Seberapa  penting dan puaskah anda terhadap kebenaran janji perusahaan kepada pelanggan ?
  • Seberapa  penting dan puaskah anda terhadap kami dalam mengenal, menghafal dan menyapa anda, menampilkan data informasi anda di web ?

  • Indikator II Kepuasan Pelanggan, Responsiveness Service yang cepat tanggap dan  tepat waktu.
    • Seberapa penting dan puaskah anda terhadap layanan Online 24 kami; kecepatan menyajikan makanan / kebutuhan pesanan anda; kecepatan kami mensolusikan masalah anda ?
    • Seberapa penting dan puaskah anda terhadap ketepatan jadwal kami; ketepatan janji kami ?

    4 komentar:

    1. gak diterusin ini? ada bukunya gak yang membahas ini, mohon infonya. mksh. ASAP! saya lagi riset dalam pengembangan kepuasaan pelanggan.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU ENDANG WULANDARI .saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 9 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jta 5000.ribu /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata fositip tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

        Hapus
    2. lanjutin lagi donk pembahasanya, ini membantu bgt nih -)

      BalasHapus

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...